Legenda Jawa Barat: Mundinglaya Dikusuma

Assalamu'alaikum men temenn! Kali ini aku akan nge-dongeng diblog. Ini tentang legenda rakyat Jawa Barat! Di simak yaa!
========================================================================
Gambar terkait
    Pangeran Mundinglaya Dikusuma adalah putra Prabu Siliwangi dan Permaisuri Padmawati dari Kerajaan Pajajaran. Suatu hari, seorang kerabat istana yang iri hati, memfitnah Mundinglaya Dikusuma. Maka Prabu Siliwangi menjadi murka. Tanpa diperiksa dulu kebenarannya, Mundinglaya Dikusuma segera dihukum penjara. Ibu Padmawati sedih sekali mendengarnya. Ada yang setuju Mundinglaya Dikusuma dihukum, tapi ada juga yang keberatan. 
    Kerajaan Pajajaran menjadi terpecah-belah. Menurut mimpi Ibu Padmawati, kerajaan akan kembali tenteram bila seorang ksatria berhasil mendapatkan pusaka Lalayang Salaka Domas dari Kahyangan. Namun tak ada seorang pun ksatria berani mengambil pusaka itu. Semuanya takut karena harus berhadapan dengan raksasa yang ganas, penjaga jalanan ke Kahyangan bernama Jonggrang Kalapitung. Ternyata, hanya Pangeran Mundinglaya Dikusuma yang bersedia mengambil pusaka itu. Di tengah jalan, Pangeran Mundinglaya Dikusuma langsung bertempur dengan Jonggrang Kalapitung dan berhasil ia kalahkan. 
    Setibanya di Kahyangan, Mundinglaya Dikusuma kembali bertempur dengan tujuh guriang, yaitu tujuh makhluk halus penjaga Lalayang Salaka Domas. Kali ini Mundinglaya Dikusuma kalah dan mati. Namun beruntung, pertolongan segera datang. Dewi Wiru Mananggaya, nenek Mundinglaya Dikusuma yang terkenal sakti datang menghidupkannya kembali. Karena keberanian dan ketulusan hati Mundinglaya Dikusuma. Akhirnya, Lalayang Salaka Domas tersebut diberikan kepada Mundinglaya Dikusuma. Sedangkan ketujuh guriang serta-merta berubah wujud menjadi raksasa dan menjadi pengawal pribadi Pangeran Mundinglaya.
(Cerita dan Dongeng Rakyat Provinsi Jawa Barat)
========================================================================
Man-Teman, itu tadi salah satu legenda Jawa Barat. Pesan moral yang dapat kita ambil dari legenda tadi yaitu:
Kita tidak boleh asal memfitnah orang, karena fitnah lebih kejam dari pada pembunuhan
.
.
.

Kalau kalian mau tau lebih banyak lagi searching sendiri yaah!
Trimakasih telah membaca!
Sampai babai!

Komentar

  1. Prediksi Togel HK Mbah Bonar 12 November 2019 Ayo Pasang Angka Keberuntunganmu Disini Gabung sekarang dan Menangkan Ratusan Juta Rupiah !!!

    BalasHapus

Posting Komentar